Kelemahan Firewall

Kelemahan Firewall

Firewall merupakan perlindungan yang baik dalam melawan ancaman jaringan, tapi firewall bukan merupakan solusi sekuriti yang lengkap yang dapat mengatasi semua permasalahan sekuriti jaringan. Ada ancaman-ancaman tertentu yang berada di luar kontrol firewall.

Berikut ini adalah beberapa kelemahan-kelemahan dari firewall :

1. Firewall tidak dibuat untuk mengatasi serangan “Orang dalam”, firewall dirancang untuk melindungi diri dari Outsider supaya tidak memperoleh data sensitif, tetapi firewall dirancang untuk melindungi diri dari serangan insider, yaitu penyerang yang sudah berada di lingkungan sistem. Firewall juga tidak dapat melindungi dari penyerang yang berusaha menyalin data ke dalam disket, tape ataupu alat penyimpan lainnya. Jika penyerang sudah berada di dalam sistem, firewall tidak dapat melakukan sesuatu yang berarti. User yang berada di dalam dapat mencuri data, merusak perangkat keras dan perangkat lunak, dan dapat memodifikasi program tanpa perlu melewati firewall. ancaman dari dalam ini memerlukan ukuran sekuriti internal seperti sekuriti host dan pendidikan user.

2. Firewall tidak dapat melindungi dan melawan hubungan yan tidak melewatinya (sistem Back-door). Firewall dapat mengontrol lalu lintas yang melewatinya dengan efektif, namun tidak ada yang bisa ia lakukan untuk lalu lintas yang tidak melewatinya. Misalnya situs mengizinkan akses dial-in ke sistem internal di belakang firewall. firewall benar” tidak mempunyai cara untuk mencegah seorang pengacau yang masuk melalui modem misalnya. akses modem ke dalam situs yang dilindungi firewall, penyerang dapat secara efektif melompat di sekitar firewall.

3. Firewall tidak dapat melindungi dan melawan virus, firewall tidak dapat menjaga virus PC dan Machintosh di luar jaringan, meskipun banyak scan firewall yang dimasukan untuk menentukan lalulintas yang boleh dilewatkan ke jaringan internal.

0 Response to "Kelemahan Firewall"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel