Komputer yang terinspirasi dari sampoa

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang dirumuskan,kata komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaan nya melakukan perhitungan aritmatika dengan alat bantu atau tanpa alat bantu.sedangkan sampoa (Abacus) adalah alat kuno yang perhitungannya dibuat dengan rangka kayu dengan manik-manik yang digunakan dengan menggeser manik-maniknya dalam melakukan perhitungan atau proses aritmatika.
Dari dua definisi komputer dan sampoa seolah olah membuat komputer dan Sampoa memiliki fungsi yang sama.
Namun saat ini komputer bukan hanya sebagai alat hitung namun juga memiliki banyak fungsi yang berbeda dengan sampoa,
Tapi terciptanya komputer pertama kali juga terinspirasi dari sampoa kuno.

Asal usul sampoa sangat sulit untuk dilacak,ada yang berkata sampoa pertama kali ada di Babilonia, namun ada pula yang berkata sampoa pertama kali ada di cina.sampoa pertama kali ada sekitar tahun 2400 SM dan 300 sm.di mana orang zaman itu menggunakan nya sebagai alat hitung,nah alat hitung inilah yang akan berkembang sesua dengan perkembangan zaman hingga terciptalah yang namanya komputer.
Bentuk awal dari perkembangan alat hitung ini adalah di tahun 1642 di Perancis seorang penemu bernama blaise Pascal menciptakan alat bantu hitung yang fungsinya seperti sampoa,alat hitung ini dirancang dengan menambahkan akses memasukkan angka atau nomor untuk hitung cepat,alat hitung ini berkembang hingga dikenal dengan nama kalkulator.di tahun 1842 di Inggris, Charles babbage menciptakan mesin yang lebih canggih yaitu analytic engine,walaupun penemuannya ini tidak rampung,tapi babbage kerap disebut bapak komputer dunia.
Selanjutnya,tahun 1890 di Amerika serikat,Herman hollerith merancang sistem kartu untuk menghitung sensus penduduk.
Komputer yang dikembangkan hollerith ini dapat membaca informasi yang telah di masukkan ke dalam kartu,secara otomatis,tanpa bantuan manusia.
Ketika perang dunia kedua,untuk memenuhi kebutuhan alat pengolah data untuk keperluan perang,lahirlah komputer generasi pertama,komputer generasi pertama ini berkembang hingga menjadi komputer generasi kedua,komputer generasi ketiga, komputer generasi keempat, hingga komputer generasi kelima yang masih dalam pengembangan.

Alat hitung kuno bernama sampoa yang terbawa kemajuan zaman ini,telah menginspirasi lahirnya komputer canggih yang sekarang..

0 Response to "Komputer yang terinspirasi dari sampoa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel