penemu komputer CHARLES Babbage

PENEMU KOMPUTER PERTAMA D DUNIA.

Komputer jika dilihat dari perkembangannya memang sangat cepat. Pada dasarnya, komputer terbagi dalam lima generasi. Masing-masing generasi ditemukan pada tahun yang berbeda, serta orang yang berbeda pula. Namun yang jelas, cikal bakal komputer ditemukan oleh Charles Babbage. Seorang pakar matematik itu berhasil menemukan sebuah mesin hitung yang disebut komputer pada tahun 1822.
Hasil gambar untuk foto penemu komputer pertama kali
Dulu, komputer ini dibuat bukan untuk membantu pekerjaan perkantoran seperti saat ini, namun digunakan untuk memudahkan negara saat terjadi perang. Untuk membuat komputer ini, pihak militer Amerika Serikat mengeluarkan biata sebesar 61, 7 ribu dollar AS. Memang harga yang fantastis untuk membuat komputer pertama dunia ini, apalagi pihak militer ini juga bekerja sama dengan University of Pennsylvania.


Komputer pertama di dunia ENIAC memiliki spesifikasi diantaranya berbobot sekitar 30 ton, memiliki 19.000 tabung yang hampa udara, 1500 relay dan juga ratusan ribu resistor, induktor dan kapasitor yang digunakan. Coba bayangkan dengan komputer saat ini, berapa bobotnya? Saat ini ada komputer canggih yang sering kita sebut laptop dengan bobot hanya beberapa gram saja, kita bisa membawanya kemana saja dengan mudah.



Apalagi soal daya listrik yang digunakan, ENIAC menggunakan daya listrik untuk bekerja sebesar 200 Kw, sedangkan komputer sekarang menggunakan daya listrik yang relatif lebih kecil. Kegunaan komputer pertama dunia tersebut bukan hanya untuk membantu kegiatan berperang, namun juga bisa digunakan untuk mengukur suhu, perkiraan cuaca, untuk perhitungan energi atom dan lainnya.


Untuk menggunakan dan juga perawatan ENIAC, hal ini tidaklah mudah karena bobotnya yang cukup berat dan komponennya yang terlalu rumit. Jika terjadi kerusakan pada tabung udara, maka perbaikannya harus dengan memeriksa semua tabung udara yang berjumlah hampir 19 ribu tabung.


Bagaimana dengan perawatan dan penanganan kerusakan komputer sekarang, cukup simple ya, kita hanya memanggil teknisi dan dalam beberapa saat kita sudah bisa mendapatkan komputer bekerja dengan baik kembali. Karena rumitnya penggunaan dan perawatan ENIAC, pada tahun 1955 sekitar bulan Oktober, ENIAC sudah tidak digunakan lagi.


Hasil gambar untuk foto penemu komputer pertama kali



Sekalipun sekarang ENIAC sebagai komputer pertama tidak digunakan, namum pembuatan komputer ini adalah salah satu bentuk teknologi yang hebat. Konsep dari pembuatan komputer ini terdiri dari tiga bagian yaitu otak mekanik, punch card dan juga tabung hampa udara. Ketiga konsep tersebut kemudian digabung dan dijadikan komputer pertama di dunia. Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan terhadap komputer, setelah ENIAC tidak digunakan lagi, perkembangan komputer justru semakin pesat.



Komputer saat ini sudah canggih dan bisa lebih maksimal dalam membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan. Saat ini komputer lebih banyak digunakan untuk membantu pekerjaan perkantoran dibandingkan untuk kebutuhan militer. Jadi, kita seharusnya sangat bersyukur dengan komputer yang ada saat ini, dibandingkan komputer terdahulu


SEKIAN DARI SAYA TERIMA KASIH:)


SAYA JEFRI MULFANDI BAYY!










0 Response to "penemu komputer CHARLES Babbage"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel