PERANGKAT LUNAK DAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Macam Perangkat Keras Komputer Beserta Pengertian dan Gambarnya,- Akhir-akhir ini perkembangan teknologi begitu pesat dan membawa manusia ke level kehidupan yang lebih praktis serta instan. Salah satu penemuan terbesar yang memulai perkembang itu semua adalah komputer.
Komputer adalah alat yang terdiri dari beberapa komponen. Komponen utamanya adalah hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras komputer, sedang software adalah perangkat lunak komputer seperti hanya program dan aplikasi. Untuk kali ini kita akan bahas tentang hardware komputer.

Pengertian Hardware

Hardware adalah semua jenis komponen yang ada pada komputer yang berbentuk fisik, tanpa adanya komponen ini, komputer tidak akan bisa berjalan sebagai mana mestinya. Hardware bisa berjalan dan terkoneksi dengan komputer bila ada program dan software. Jadi antara hardware dan software saling terhubung.
Hardware dan software sangat berbeda. Bila hardware memiliki bentuk fisik yang bisa dilihat dan diraba oleh tubuh kita, maka  software berbeda. Software hanya bisa dilihat tampilanya saja di layar komputer. Itupun hanya dalam bentuk gambar.

Macam-Macam Hardware Dan Fungsinya

Perangkat keras komputer ada banyak macamnya. Yang perlu kamu pahami, tiap komputer macam hardwarenya secara umum sama. baik itu komputer kelas flagship ataupun komputer kelas low entry. Walaupun memang tingkat kebaruanya berbeda. Juga, pada komputer paling baru, biasanya memiliki perangkat tambahan yang lebih lengkap dibanding dengan komputer edisi lama.
Untuk mempermudah kamu memahami nama-nama perangkat keras komputer beserta fungsinya, berikut saya jelaskan secara lengkap macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya:

1. Monitor

Seharusnya kamu sangat akrab dan kenal betul perangkat keras komputer yang satu ini. Monitor adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menampilkan pengelolaan CPU. Monitor juga memiliki fungsi untuk output data grafis CPU. Jadi semua yang ditampilakan oleh komputer saat kita gunakan, alat yang menampilkanya adalah monitor. Makanya, alat ini dikenal pula dengan mana layar komputer.
Tanpa monitor, sudah bisa dipastikan komputer tidak akan bisa digunakan. Sebab kamu tidak akan bisa melihat bagaimana kerja komputer. Untuk saat ini, jenis monitor terdiri dari 4 jenis. Ada monitor CRT, monitor LCD, Plasma display, dan monitor LED.

2. Keyboard

Perangkat keras komputer berikutnya yang juga amat begitu populer adalah keyboard. Keyboard atau papan ketik adalah perangkat komputer yang berbentuk papan ketik dengan tombol huruf dan angka di atasnya. Fungsi utama perangkat ini adalah untuk menginput data baik itu huruf atau angka ke komputer. Kombinasi tomnol keyboard juga bisa menghadirkan perintah tertentu.
Jenis keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY. Tapi sebenarnya selain itu, masih ada banyak jenis lainya. Seperti keyboard DEVORAK, keyboard Alphabetik, dan lain-lain. bentuknya juga beragam, meski kebanyak persegi panjang, tetapi ada yang unik seperti keyboard Klockenberg.
Jika ingin tahu lebih banyak tentang keyboard, silakan baca tulisan saya: Pengertian Keyboard, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya Pada Komputer

3. CPU atau Processor

Yang tak kalah penting dari sua perangkat keras komputer di atas tentu saja CPU atau Central Processing Unit. Perangkat yang kerap disebut pula prosesor saja ini merupakan hardware komputer yang memiliki fungsi untuk memproses data. Secara lengkap perangkat ini berfungsi untuk menerima, memproses dan melaksanakan perintah yang dilakukan user kepada perangkat lunak komputer.
Sejauh ini ada dua jenis prosessor yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para produsen laptop, yaitu Intel Prosessor dan AMD Prosessor. Keduanya bersaing memperebutkan diri sebagai yang terbaik. walau demikian, sebenarnya masih ada jenis prosessor lainya, antara lain AMR Processor, Apple Processor, Cyrix Processor, dan lainya.
Untuk tulisan saya yang bahas prosessor secara lengkap ada di: Pengertian dan Fungsi CPU Beserta Jenis-Jenis dan Komponen CPU Komputer

4. Motheboard

Perangkat keras komputer berikutnya adalah Motherboard. Motherboard adalah hardware komputer yang bentuknya seperti papa sirkuit. Motherboard inilah yang menjadi tempat berbagai perangkat lain tertaman, misalnya RAM, processor, Hardisk, dan lainnya.
Motherboard atau yang dikenal pula sebagai mainboard (Mobo) dalam bahasa Indonesia berarti papan utama/papan induk. Fungsi utama perangkat keras komputer ini adalah sebagai jalur utama seluruh komponen hardware komputer. Ia menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainya.
Tulisan saya yang mengulas secara lengkap tentang Motherboard adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Komponen Motherboard Komputer

5. Mouse

Mouse sebanarnya merupakan perangkat yang terpisah dari komputer atau lebih tepatnya ia tidak berada di dalam komputer. Tetapi, tanpa mouse, komputer tidak akan bisa digunakan. Sebab mouse atau yang berarti tetikus ini adalah perangkat yang berguna sebagai kemudi kompuiter. Ia manjadi semacam petunjuk yang digambarkan dalam sebuah kursor. Kursor mouse kemudian ditampailkan di monitor. Perintah-perintah praktis bisa kita masukkan melalui mouse.
Sejauh ini, ada banyak jenis mouse yang beredar di pasaran. Harganya juga beragam, ada yang puluhan ribu dan ada pula yang sampai jutaan. Untuk jenisnya, kamu bisa gunakan mouse serial, Mouse PS2, mouse Wifi, dan mouse USB.
Tulisan lengkap saya yang bahas mengenai mouse, bisa kamu lihat di: Pengertian Mouse, Fungsi dan Jenis-jenis Mouse (Pembahasan Lengkap)

6. RAM

RAM adalah akronim dari Random Access Memory. RAM adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi menyimpan data secara sementara dan bisa diakses secara acak. Cara kerja RAM kebalikan dari memori internal. Fungsi utama RAM adalah menyimpan data dan intruksi yang diberikan oleh prosessor.
Berbeda dengan memori atau harddisk yang menyimpan data secara permanen, RAM menyimpan data secara sementara. Jadi ketika komputer mati, maka data dan intruksi yang disimpan oleh RAM akan menghilang. Tidak tersimpan di RAM. Beberapa jenis RAM yang saat ini digunakan adalah SRAM, RD RAM, FPM RAM, DRAM, EDORAM, DDR RAM, dan lainya.
Tulisan saya secara lengkap yang bahas tentang RAM, bisa kamu lihat di: Pengertian dan Fungsi RAM Pada Komputer dan HP yang Perlu Kamu Ketahui

7. Harddisk

Sedikit telah saya singgung sebelumnya, harddisk merupakan salah satu perangkat keras komputer yang bekerja berkebalikan dari RAM. Harddisk atau dikenal pula dengan HDD merupakan hardware yang memiliki fungsi untuk menyimpan data secara permanen di  komputer. Jadi ketika komputer mati, data yang tersimpan di dalam harddisk tetap utuh. Ketika kita nyalakan kembali komputer, data masih bisa kita temukan.
Nah, makin banyak piringan yang digunakan harddisk, makin banyak atau lebar pula kapasitas penyimpanan yang bisa ditampung harddisk. Untuk saat ini beberapa jenis harddisk yang umum kita temukan adalah Hardisk Seria (ATA dan SATA), Hardisk Raid, Hardisk PATA, dan lain-lain.
Tulisan yang bahas harddisk secara lengkap, bisa kamu baca di: Pengertian Harddisk Beserta Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Harddisk Pada Komputer

8. Heatsink

Heatsink atau dikenal pula sebagai PC Cooler merupakan perangkat keras komputer yang bekerja sebagai pendingin sebuah komputer. Hardware yang satu ini terbuat dari kombinasi alumunium atau tembaga. Sebagai mana pengertianya, perangkat ini bertujuan untuk mendinginkan komputer terutama bagian prosesor yang mengalami peningkatan suhu ketika kamu gunakan akibat kinerja berat dari perangkat lain.
Heatsink akan berperan sebagai penyerap panas yang ada di prosesor. Makanya ia biasanya dipadukan dengan fan atau kipas komputer agar penyerapan komputer lebih optimal. Heatsink mengalirkan panas ke luar CPU agar bisa meningkatkan kinerja komputer.

9. SSD

Saya sebelumnya belum pernah membahas tentang perangkat keras yang satu ini di jurnalponsel. Hardware ini biasanya ada di komputer generasi baru. Sebab SSD pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan HDD atau harddisk. Keduanya sama-sama memilifi fungsi untuk menyimpan data di komputer secara permanen.
Hanya saja, SDD memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding dengan HDD. Perangkat ini terdiri dari beberapa chip-chip memori flash yang saling terhubung sebagai komponen penyusunya. Chip tersebut memiliki kemampuan, kecepatan dan reabilitas yang lebih baik ketimbang USB. Sehingga tak salah bila SSD biasa digunakan untuk aktivitas computing yang butuh kecepatan prima. Harga SDD lebih mahal ketimbang HDD.

10. VGA Card

VGA Card bisa disebut pula graphic adapter, display adapter, video card atau graphic card. Hardware ini merupakan perangkat keras yang bertugas untuk memproses segala data dan informasi berbentuk grafis yang nantinya akan ditayangkan di komputer. Jadi bisa dipastikn ketika komputer kamu tidak bisa menampilkan gambar, itu artinya ada masalah dengan VGA cardnya.
VGA card tertaman di dalam CPU dan juga motherboard. Untuk yang tertaman di CPU bernama “Accelerated Processing Unit (APUs), dan yang tertaman di motherboard disebut “On-board Video”. VGA Card juga bisa disebut sebagai GPU. Lebih lengkap soal VGA card, silakan baca: Pengertian VGA Card dan Fungsi VGA Card pada Komputer

11. Optical Drive

Berikutnya ada perangkat keras komputer bernama Optical Drive atau Optical Disc Drive adalah hardware yang berguna untuk membaca dan menulis data pada disk drive. Untuk bekerja, perangkat keras ini bekerja menggunakan sinar laser di optical drive. Dahulu, Optical Drive hany bisa melakukan pembacaan saja. tetapi kini bisa membaca sekaligus menulis data.
Beberapa jenis media optical drive adalah CD (Compact Disc), DVD dan Blu-ray Disc. Mereka bisa diisi data oleh optical disc drive. Tulisan lengkap saya soal Optical Disc Drive, bisa kamu baca di: Pengertian Optical Drive Beserta Fungsi dan Cara Kerja Optical Drive

12. Power Supply

Power supply juga merupakan hardware yang punya peran penting pada komputer. Perangkat ini punya peran menyuplai daya pada komponen komputer semisal heatsing, DVD drive, hardisk, motherboard, dan perangkat lain dalam casing computer. Perangkat ini menyuplai daya listrik searah (DC).
Keterangan lebih lengkap soal Power Supply, bisa kamu baca di: Pengertian Power Supply, Fungsi, Jenis, Komponen, Dan Cara Kerja Power Supply

13. Sound Card

Hardware komputer berikutnya adalah sound card. Sound card adalah perangkat keras komputer yang memegang peranan penting dalam pengelolaan data audio atau bunyi. Berbunyinya speaker komputer juga merupakan hasil konerja sound card. Sehingga kalau kamu memutar audio tapi tidak keluar bunyinya, maka ada yang masalah dengan sound card kamu.
Dahulu, Soundcard di komputer berada pada slot ISA atau PCI di motherboard saja. tetapi kini ada Soundcard bisa dihubungkan melalui slot USB atau Soundcard eksternal. Sebelum adanya sound card, komputer hanya berbunyi beep-beep saja.

14. LAN Card

Sebuah komputer baru bisa terhubung ke jaringan LAN bila memiliki LAN card. LAN Card atau NIC (Network Interface Card) itu adalah Ethernet Card. Jadi tanpa adanya LAN card, bisa dipastikan komputer tidak akan bisa terhubung dengan komputer lainya melalui jaringan LAN. Fungsi utama perangkat ini adalah untuk menghubungkan komputer dengan lainya dalam sebuah jaringan internet demi melakukan pertukaran data.
Menariknya, LAN card bisa dihubungkan ke komputer dengan banyak cara. Bisa melalui Port PCI, bisa melalui slot di Motherboard, bahkan bisa pula melalui USB. Untuk komputer generasi baru biasanya sudah dilengkapi dengan LAN card.
Lebih lengkap tetang LAN card, baca di: Pengertian LAN Card Beserta Fungsi dan Cara Kerja LAN Card

15. Speaker

Sebelumnya telah saya katakan tentan Sound card yang punya peran dalam pengelolaan data audio di komputer, nah untuk bisa menghasilkan suara dengan baik, kita butuh speaker. Hardware yang satu ini punta peran utama mendukung aktivitas multimedia di komputer, kegunaanya mengeluarkan hasil pengelolaan audio oleh sound card komputer dalam bentuk suara.

Dan masih banyak lagi..:)

0 Response to "PERANGKAT LUNAK DAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel