PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KE MASA


 

PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KE MASA





Assalamualaikum teman teman,,,pada kesempatan kali ini saya akan membahas "SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KE MASA"
menurut pengertian "komputer adalah alat yang dapat dipakai dan digunakan untuk mengolah data menurut perintah yang sudah diprogram".nah, dari pengertian tersebut dapat disimpulkan apa fungsi dari komputer itu sendiri.
saat ini komputer sendiri sudah banyak mengalami perkembanggan.dimana komputer sudah semakin canggih setiap waktunya.tetapi sebelum komputer seperti sekarang ini bagaimanakah sejarah perkembangan komputer..???

sebelum komputer yang seperti sekarang ini muncul terdapat beberapa generasi awal atau bisa dibilang pendahulu komputer sebelum komputer terlihat seperti sekarang ini.dari kemunculan beberapa generasi komputer itulah komputer terus mengalami perkembangan hingga seperti sekarang ini.

1.komputer generasi pertama

komputer generasi pertama muncul di saaat meletusnya perang duia ke 2.dimana kondsi persainggan negara yg terlibat pd2 terus meningkatkan teknologi untuk kebutuhan perang(di lihat dari fungsi komputer generasi pertama yang waktu itu digunakan untuk mendesain pesawat tempur dan alat pemecah kode)
Hasil gambar untuk komputer generasi pertama 
komputer generasi pertama terlihat jauh berbeda dengan kmputer saat ini(baik fungsi maupun bentuk).
salah satu perbedaan komputer generasi pertama dengan komputer saat ini adalah penggunaan tabung hampa udara.salah satu contoh komputer generasi pertamama adalah UNIVAC dan ENIAC yg pada waktu itu digunakan  badan sensus amerika.

2.komputer generasi kedua

perkembangan teknologi banyak mengalami kemajuan setelah pd2.tabung hampa udara yg digunakan komputer pada saat itu(komputer generasi pertama)mulai digantikan dengan transistor di akhir tahun 1950an sehingga terciptalah komputer generasi kedua.
penggunaan transistor pada komputer-komputer generasi kedua ini telah memperkecil ukuran komputer di karnakan bentuknya yang lebih kecil dari tabung hampa udara.teknologi penyimpanan juga berubah dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik.
contoh dari komputer geneasi kedua adalah IBM 7000 dan NCR 304.

3.komputer generasi ketiga

dengan perkembangan teknologi yg semakin pesat komputer generasi kedua digantikan dengan komputer generasi ketiga yang berukuran lebih kecil dikarnakan penggunaan circuit yg menggabungkan beberapa transistor.

Hasil gambar untuk komputer generasi ketiga 
 contoh dari komputer generasi ketiga adalah:IBM system 360,APPLE II,PDC 808, UNIVAC  9000 ,dan sebagainya

4.komputer generasi keempat

komputer generasi keempat adalah komputer yang sering kita temui saat ini komputer generasi ini lebih maju karna didalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor.

Hasil gambar untuk komputer generasi keempat

5.komputer generasi kelima

mendefenisikan komputer generasi kelima mungkin sedikit sulit,namun dengan perkembangan teknologi dan desain komputer yg terus berkembang dari waktu waktu dapat memungkinkan terciptanya komputer generasi kelima

0 Response to "PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KE MASA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel