sejarah televisi yang diciptakan John Baird

Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.” Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.”.

Hasil gambar untuk televisi buatan John Logie Baird
 Penemu televisi pertama kali adalah John Logie Baird,seorang pria kelahiran skotlandia pada tanggal 13 Agustus tahun 1888.dia hidup di era perang dunia pertama meletus,sehingga memaksanya mengikuti program wajib militer.Namun, karena kesehatannya yang buruk, ia akhirnya diposisikan sebagai insinyur listrik.selepas wajib militer,John Logie Baird juga harus tetap menafkahi keluarganya,sehinngga ia memutuskan beralih menjadi seorang “amatir profesional” yang bekerja untuk kepentingan tertentu selama itu menguntungkannya.
Pada fase hidup berikutnya, John Baird memilih untuk memfokuskan diri pada dunia elektronik, apalagi setelah mendapati gelombang demonstrasi radio yang ditemukan Guglielmo Marconi ternyata bisa digunakan untuk mengirim sinyal audio. Baird percaya bahwa dari sinyal yang sama itu, manusia juga bisa mengirim sinyal visual. Maka, ia pun memulai impiannya itu dengan membuat sebuah desain.
Desain  yang dibuat oleh Baird merupakan sebuah perangkat yang dinamakan Nipkow Disk. Nipkow Disk merupakan satu desain disk tiruan yang telah dibuat sebelumnya oleh seorang ilmuwan bernama Paul Nipkow pada tahun 1884. Desain ini sendiri pada dasarnya adalah satu perangkat yang terbuat dari disk karton dengan beberapa lubang persegi yang terletak dengan posisi spiral.
Disk ini pada desainnya, apabila disatukan dengan photoelectriccell dan berputar, ia akan mampu memindai area terang, gelap dan bisa mengonversi informasi menjadi suatu sinyal listrik. Jika disk ini disinkronkan dengan disk kedua, maka ia akan menerjemahkan sinyal menjadi suatu gambar visual primitif.ekonomi baird sangat sulit sampai ia berusia 35 tahun,sehingga ia menjadi sorang penjual sepatu untuk mencari tambahan biaya hidup. Karena sulitnya ekonomi, tidak sedikit dari prototipe untuk penemuannya yang dijadikan sebagai barang keperluan rumah tangga. Sebut saja kue kaleng, jarum rajut, lampu sepeda, bahkan string. Di tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar dan suara, melalui radio.Tidak lama setelahnya, ia sukses mengirim sebuah citra kasar melalui transmiter non-kabel ke pesawat penerima yang ketika itu masih berjarak beberapa meter. Ia yang begitu gembira ketika itu, segera mengajak seorang anak muda yang tinggal di lantai bawah tokonya untuk menjadi orang pertama, yang gambarnya ‘masuk’ ke dalam televisi.
Mulai tahun 1929, BBC menggunakan teknologi televisi milik Baird untuk menyiarkan program televisi pertama. Teknologi Baird disebut sebagai televisi pertama dunia memiliki beberapa batasan. Karena teknologi Baird kala itu masih bersifat mekanis dengan gambar visual yang kadang tidak jelas dan berkedip kedip.
Sementara disisi lain, televisi elektronik sedang dikembangkan oleh penemu yang lain. Pada tahun 1935, komite BBC membandingkan teknologi televisi milik Baird dengan televisi elektronik Marconi-EMI dan menganggap produk Baird lebih rendah. BBC kemudian mulai menyingkirkannya pada tahun 1937.

0 Response to "sejarah televisi yang diciptakan John Baird"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel