PENEMUAN YANG TERCIPTA KARNA KETIDAKSENGAJAAN

Di era modern ini,banyak orang mungkin tidak sadar bahwa berbagai penemuan besar dalam sejarah manusia dikembangkan selama bertahun-tahun.penemuan-penemuan ini sudah banyak membantu manusia dalam mengerjakan berbagai urusan.Tapi tahukah kamu ada beberapa penemuan penting di dunia yang ternyata ditemukan karna sebuah kegagalan, atau sebuah penemuan yang tercipta secara tidak sengaja.maksudnya,seorang penemu yang ingin menciptakan  A, tapi justru secara nggak sengaja dia menemukan B.atau mungkin seorang penemu yang tidak sengaja menyadari tentang manfaat sebuah benda.
berikut adalah beberapa contoh penemuan yang dibuat secara tidak sengaja.

1. Obat bius
 Hasil gambar untuk sejarah obat bius
 Tanpa penemuan obat bius, proses operasi dalam dunia kedokteran pasti akan terasa menyakitkan. Kendati demikian, sampai sekarang orang yang pertama kali menemukan obat bius masih diperdebatkan.
Penemuan itu bermula ketika sejumlah ilmuwan Crawford Long, William Morton, Charles Jackson dan Horace Wells menyadari bahwa ada zat bernama ether dan nitrous oxide yang dapat menghambat rasa sakit. Pada saat itu, kedua zat tersebut digunakan sebagai pereda stres agar seseorang bisa tertawa.
Suatu hari, ketika seseorang mengalami luka parah, gas tersebut diberikan kepada orang tersebut. Anehnya, orang itu tidak merasakan sakit lagi. Sejak saat itu, obat bius ditemukan dan dipakai secara luas, khususnya di dunia kedokteran.

 2. Penicillin
 Hasil gambar untuk sejarah penicilin
Alexandeng Fleming juga secara kebetulan menemukan antibiotik Penicillin. Kala itu, dia begitu saja meletakkan sisa penelitian di lab pribadinya. Sepulang dari liburan, bakteri pada nampan berhenti tumbuh ketika bercampur dengan jamur.
Fleming kemudian mengisolasi, mengklasifikasi serta mengembangkan jamur tersebut, namun belum bisa digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Baru 13 tahun kemudian, ilmuwan Howard Florey, Norman Heatley dan Andrew Moyer berhasil mengembangkannya untuk pengobatan. Sejak saat itu, penicillin digunakan secara luas dan menyelamatkan banyak jiwa.

 3. Perekat
 Hasil gambar untuk sejarah perekat
Velcro atau biasa disebut perekat pertama kali ditemukan seorang insinyur elektro George De Mestral secara tidak sengaja. Setelah pulang dari jalan-jalan bersama anjingnya, dia melihat bulu hewan peliharaannya itu menempel erat pada cocklebur.
Ketika diamati memakai mikroskop, tampak cocklebur dilapisi berbagai kait kecil sehingga dengan mudah menempel pada bulu anjing. Dengan memahami konsep ini, dia selanjutnya mengembangkannya menjadi sebuah perekat serbaguna yang banyak dipakai sampai hari ini.

 4. Alat ukur pacu jantung
Hasil gambar untuk sejarah pacemaker
Pacemaker atau biasa dikenal alat pengukur detak jantung lahir berkat ide gila Wilson Greatbatch. Waktu itu, dia berusaha mencari cara untuk mengatasi penyumbatan jantung (heart block). Berbeda dengan ilmuwan lain yang menggunakan gadget besar dan rumit untuk merangsang otot jantung, Greatbatch ingin merancang implan yang lebih kecil untuk mengatasi persoalan yang sama.
Saat sedang merancang osilator untuk merekam suara detak jantung pada binatang, dia secara tidak sengaja memasang transistor yang salah. Namun hal itu justru awal dari ditemukannya pacemaker. Setalah dilakukan ujicoba pada binatang, Greatbatch akhirnya mengujikan alat tersebut pada manusia pada tahun 1960.

5.korek api 

Hasil gambar untuk sejarah korek api

 Penemuan Phosporus adalah kunci dari terciptanya korek api. Bukan Henning Brand sebagai penemu pertama Phosporus yang menciptakan korek api, melainkan seorang ahli obat-obatan bernama John Walker. Saat John mengaduk cairan ramuan kimianya, terdapat gumpalan pada ujung tongkat yang digunakannya sebagai pengaduk. Tanpa sengaja, saat hendak menggesek gumpalan tersbut agar lepas, Walker malah menyulut api pada ujung tongkat tersebut. Sejak saat itulah korek api mulai dijual sampai ditemukannya Phosporus merah yang lebih aman.

6.dinamit

 Hasil gambar untuk sejarah dinamit

Benda berbahaya ini ternyata telah mengantarkan nama penemunya menjadi salah satu penghargaan paling bergengsi sedunia.Alfred Nobel adalah nama orang tersebut. Selalu tertarik dengan ledakan karena ayahnya yang bekerja di pertambangan, Nobel mulai mengembangkan peledaknya sendiri di bangku kuliah. Nitroglycerin adalan bahan kimia yang digunakan Nobel dalam eksperimennya. Nobel beberapa kali mengalami kegagalan yang bahkan sampai merenggut nyawa saudara laki-lakinya. Namun ketidaksengajaan Nobel saat menumpahkan cairan Nitroglycerin ke atas bubuk gergaji berujung pada terciptanya dinamit pertama di dunia.

7.silly putty

Silly Putty adalah sebuah mainan yang berupa karet yang dapat memantul ketika membentur permukaan keras. Penemuan awalnya adalah ketika ilmuwan Amerika melakukan percobaan untuk menemukan alternatif dari karet untuk keperluan perang pada masa Perang Dunia II. Produk gagal tersebut kemudian jatuh ke tangan seorang pengusaha mainan yang lantas mengubahnya menjadi mainan paling populer dalam sejarah Amerika dan dunia.

 8. The Slinky

Mainan yang juga cukup populer di Indonesia ini berasal dari Amerika Serikat. Berawal dari ketidaksengajaan Richard James saat menjatuhkan pegas yang awalnya digunakan untuk menjaga barang-barang di kapal ketika mengarungi laut. Gerakan saat pegas tersebut jatuhlah yang menarik perhatian Richard. Tanpa disangka respon anak-anak terhadap benda yang diberi nama Slinky tersebut sangatlah positif. Setelah berhasil mendapatkan penjual yang berani menjual Slinky ciptaannya, sebanyak 400 buah Slinky Richard produksi. Hanya perlu 90 menit bagi Slinky untuk ludes di tangan pembeli.



9. Ban karet

 Hasil gambar untuk sejarah ban karet

 Dahulu, menemukan ban karet yang berkualitas sangat sulit, karena karet sebagai bahan utamanya. Karet biasa tidak tahan dengan panas dan dingin. Sehingga berbagai penelitian pun dilakukan. Seorang ilmuwan bernama Charles Goodyear berupaya untuk membuat karet yang tahan dengan suhu panas maupun dingin. Suatu ketika, saat beristirahat, Charles Goodyear tidak sengaja menumpahkan karet dan cairan zat sulfur ke dalam kompor panas. Kejadian tersebut justru membuat karet lebih tahan panas dan dingin. Setelah kejadian ini, Goodyear pun terus melakukan penelitian berlanjut. Akhirnya, ban karet yang tahan pun tercipta. Goodyear kini menjadi perusahaan produsen ban ternama di dunia.

10. Post-It

Hasil gambar untuk sejarah post-it  

Siapa yang tidak kenal produk Post-It? Produk ini sangat digemari oleh pelajar maupun pekerja.. Stiker penempel memo ini menarik perhatian dengan warna-warni serta berbagai inovasinya. Padahal, Post-It tercipta karena sebuah kegagalan dari seorang pekerja di perusahaan 3M, Spencer Silver. Silver mendapat tugas untuk membuat lem yang sangat kuat. Namun, ia selalu gagal dan akhirnya lem tersebut dibiarkan begitu saja karena dianggap produk gagal. Suatu ketika, rekannya yang ebrnama Arthur Fry ingin menandai buku nyanyiannya, tetapi pendanda tersebut selalu lepas. Akhirnya, dengan bantuan lem buatan Silver yang merupakan ‘produk gagal’, Fry menandai bukunya dengan kertas yang dilem tanpa membuat lem merusak kertas. Sehingga lahirlah ide untuk memproduksi Post-It yang sangat digemari dan memiliki nama di dunia.

Itulah beberapa temuan yang tercipta karna ketidaksengajaan atau bahkan karna sebuah kegagalan, Sesungguhnya masih banyak lagi penemuan dan keajaiban yang mengubah dunia yang tercipta karena sebuah kesalahan. Pada awalnya, temuan-temuan tersebut dianggap sebagai sebuah ‘produk gagal’,namun pada akhirnya penemuan-penemuan tersebut dapat membantu pekerjaan manusia dan berhasil mengubah dunia menjadi lebih baik.

 

0 Response to "PENEMUAN YANG TERCIPTA KARNA KETIDAKSENGAJAAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel