pengertian atletik


Pengertian-Atletik.png (618×408)

Pengertian Atletik

Menurut Wikipedia Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat.
Kata Atletik berasal dari Bahasa Yunani “athlon” yang berarti “kontes”.

Sejarah Atletik

Atletik merupakan event asli dari Olimpiade yang diadakan pertama kali pada tahun 776 sebelum Masehi di mana satu-satunya event adalah perlombaan lari atau stade. Saat ini Altetik telah dijadikan salah satu cabang Olimpiade di berbagai negara.

Cabang Atletik

Cabang Atletik terbagi dalam tiga kelompok yakni : Lari, Lempar dan Lompat.
Lari
Dalam cabang lari terbagi kedalam beberapa jenis diantaranya :
Lari Sprint ( 100 meter )
Lari Sprint merupakan lari dengan jarak 100 meter. Lari Sprint hampir mirip dengan lari jarak pendek yang membedakan adalah jika pada lari jarak pendek jaraknya 50 meter hingga 400 meter.
Lari Jarak Pendek
Lari jarak pendek merupakan altetis cabang lari yang jaraknya 50 hingga 400 meter.
Lari Jarak Menengah
Lari jarak menengah merupakan lari dengan jarak mulai 800 hingga 1.500 meter.
Lari Jarak Jauh
Lari jarak jauh biasanya disebut juga dengan istilah maraton. Lari jarak jauh ini merupakan lari dengan jarak  mencapai 3.000 meter lebih.
Lari Estafet
Lari estafet merupakan cabang lari yang dilakukan bersama tim secara bersambung atau bergantian. Dalam lari estafet tiap timnya terdiri dari 4 orang yang akan memberikan tongkat secara bersambung yang harus dibawa pelari hingga ke garis finish.
Lari Halang Rintang
Dalam lari halang rintang jarak yang ditempuh adalah 3000 meter. Dalam lintasan para peserta  akan mendapatkan banyak halangan dan rintangan. Rintangan ini dibedakan menjadi rintangan gawang dan rintangan water jump.
Lempar
Dalam kategori yang kedua yakni lempar terbagi kedalam beberapa jenis lempar yakni :
Lempar Cakram
Lempar cakram merupakan salah satu jenis atletis dalam kategori lempar.  Cakram yang  digunakan berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan.
Lempar Lembing
Lempar lembing dilakukan dengan melemparkan lembing dalam jarak tertentu. Untuk mencapai jarak maksimum, atlet harus menyeimbangkan kecepatan, teknik dan kekuatan.
Tolak Peluru
Tolak peluru ialah cabang atletis yang merupakan suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu alat bundar(peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh jauhnya.
Lompat
Dalam kategori lompat juga terbagi kedalam beberapa jenis lompatan yakni :
Lompat Tinggi
Lompat tinggi merupakan ketrampilan melompat yang diharuskan untuk melewati mistar. Mistar yang harus dilewati minimal 2.5 meter.
Lompat Jauh
Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.




0 Response to "pengertian atletik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel