Kenapa HP Xiaomi bisa menjual produknya dengan murah dan masih mendapatkan keuntungan? Apa strategi pasar mereka?
Saat ini, ponsel pintar Xiaomi adalah salah
satu merek ponsel pintar yang cukup laris di pasaran. Xiaomi mampu
menjual produk ponsel cerdasnya secara relatif lebih murah dibandingkan
merek terkenal lainnya, seperti Samsung atau iPhone.
Strategi pemasaran produk
Xiaomi membuatnya mampu menjual produk dengan harga murah dan tetap
memperoleh keuntungan. Perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun ini
mempercayai bahwa teknologi tinggi tidak menghabiskan biaya yang besar.
Dengan konsep pemasaran
yang dimilikinya, pada tahun 2013 produk ponsel pintar Xiaomi mampu
terjual hingga 18 juta unit di sejumlah negara di kawasan Asia, seperti
di Taiwan, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Filipina, India, dan
Indonesia.
Sejak berdiri sekitar 5 tahun yang
lalu, Xiaomi sekarang telah berhasil menjadi perusahaan smartphone
terbesar nomor 5 di dunia. Bahkan, di pasar ponsel pintar China,
perusahaan ini mampu mengalahkan Samsung yang merupakan perusahaan
ponsel pintar kelas dunia asal Korea.
Keahlian
pemasaran Xiaomi layak diacungi jempol, karena dengan produk yang
berkualitas tinggi, Xiaomi berani menjualnya dengan harga yang lebih
murah dibandingkan para pesaingnya. Dan hal ini membuat ponsel cerdas
Xiaomi mampu menaklukkan pasar dunia.
Xiaomi
mampu menghilangkan stigma bahwa produk asal China hanyalah produk
kelas bawah dan kualitas rendah. Produk Xiaomi adalah ponsel cerdas
dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga murah. Dan itulah salah
satu kelebihan hp Xiaomi.
Strategi Pemasaran Xiaomi
Xiaomi tidak menggunakan strategi pemasaran produk
model tradisional dalam mengiklankan produknya, tetapi lebih bergantung
pada pasar media sosial serta pemasaran dari mulut ke mulut.
Xiaomi
memanfaatkan internet, dan di sana harga yang ditawarkan bisa lebih
murah. Ini adalah salah satu strategi pemasaran Xiaomi dalam menjual
produk ponsel pintarnya juga produk gawai lainnya. Dengan konsep
pemasaran seperti ini, Xiaomi dapat lebih langsung mencapai calon
pelanggannya.
Berkat strategi
pemasaran Xiaomi yang tepat sasaran ini, menjadikan ponsel pintar Xiaomi
sangat laku di pasaran. Harga produk yang dijualnya relatif murah,
namun perusahaan masih tetap mendapatkan keuntungan. Selain itu, Xoami
juga bertaruh dalam "Hukum Moore".
Tidak seperti produsen gawai besar
lainnya yang memberhentikan model mereka setelah 6-8 bulan di pasar,
Xiaomi tetap menjual produknya hingga 18-20 bulan setelah pertama kali
diluncurkan.
Artinya, menurut
Moore, harga komponen pribadi akan turun selagi harga ponsel pintar
serta gawai Xiaomi lainnya tetap konstan. Satu hal yang terpenting yang
perlu dicatat bahwa Xiaomi adalah "perusahaan mobile internet", yang mana Xiaomi tidak hanya menjual perangkat keras saja, tetapi juga menjual beragam aplikasi, game dan sejumlah tema android khusus serta layanan internet dengan MIUI mereka yang custom. Sehingga saat ada masalah pada smartphone Xiaomi, kita bisa dengan cepat mendapatkan perbaikannya.
Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Xiaomi dalam menjual produknya secara murah namun tetap mendapatkan keuntungan terinspirasi oleh langkah yang dilakukan Amazon.
Amazon sebagai salah satu e-commerce
terbesar saat ini, telah berhasil menerapkan sebuah strategi harga yang
sangat baik dan hal ini menginspirasi Xiaomi untuk mengambil strategi pemasaran produk yang sama.
Xiaomi
menjual produknya hanya untuk sekadar menutupi biaya produksi dan
memperoleh keuntungan dari penjualan kontennya. Langkah Xiaomi untuk
tidak berhubungan dengan distributor ataupun retailer, karena hubungan ini hanya akan membuat harga produk menjadi lebih mahal.
Xiaomi
tidak sekadar menjual produk murah, melainkan menjual produk dengan
kisaran harga yang terjangkau dengan spesifikasi teknologi tinggi dan
kualitas terbaik. Hal ini dapat dilihat pada daya tahan produknya yang
tidak mudah rusak, mampu bertahan relatif lama. Berbeda dengan produk
gawai yang memang hanya mengusung label harga murah begitu saja, tanpa
adanya jaminan kualitas terbaik.
Selain itu, konsep pemasaran Xiaomi untuk tidak terburu-buru dalam berekspansi ke luar negeri adalah langkah yang sangat tepat.
Di
dalam negeri Xiaomi mampu mendominasi dan menguasai pasar. Dan setelah
Xiaomi benar-benar memiliki dasar yang kuat di negeri asalnya, China,
akhirnya perlahan langkah ekspansi produk ke manca negara pun
dilakukannya. Xiaomi tidak terlalu banyak menghabiskan biaya dalam hal
iklan produk, namun telah berhasil menjadi pioneer dalam flash sales,
yaitu keberhasilan menjual produk dalam kuantitas terbatas serta dalam
waktu yang juga terbatas.
Slogan
yang selalu digaungkannya adalah “kesempatan tidak datang dua kali.”
Dan strategi ini terbukti sangat jitu dalam menarik minat konsumen serta
berhasil membuat produknya sangat cepat laku.
Selain itu juga menjadikan produknya banyak diperbincangkan orang di media sosial. Strategi pemasaran dari mulut ke mulut alias word of mouth marketing strategy telah berhasil membentuk kesuksesan dan kepopuleran nama Xiaomi di pasaran.
Mengapa Xiaomi Sangat Populer
Terdapat beberapa hal yang menjadikan kenapa Xiaomi sangat populer di pasaran.
Selain karena penerapan strategi pemasaran produk yang tepat sasaran, konsep pemasaran yang menggunakan word of mouth marketing strategy
juga sangat berperan. Sehingga konsumen akhirnya mengetahui keunggulan
yang ditawarkan oleh Xiaomi. Jika dibandingkan dengan produk bermerek
internasional lainnya, seperti Samsung, Apple, dan yang lainnya, Xiaomi
berani menghadirkan produk berkualitas sama dengan harga yang lebih
murah.
Dalam hal kecanggihan produk, konsumen dapat melihat spesifikasinya dan membandingkan dengan merek terkenal lainnya.
Bagi
sebagian orang yang lebih mementingkan kualitas daripada merek, mereka
akan memiliki Xiaomi. Karena dengan harga yang lebih murah mereka bisa
mendapatkan produk berkualitas yang sama dengan produk dari merek yang
lebih terkenal, seperti Samsung atau Apple.
Selain
itu, kemampuan Xiaomi untuk menguasai pasar ponsel pintar di negara
asalnya, China, juga merupakan salah satu faktor mengapa Xiaomi saat ini
menjadi sangat populer.
Ciri
khas unik Xiaomi, ponsel pintar dengan spesifikasi canggih yang
dibanderol dengan harga terjangkau. Dan itu sangat berkesan pada
sebagian besar konsumen di Indonesia. Hal itu pula yang membuat kenapa orang-orang lebih memilih Xiaomi dibandingkan dengan iPhone.
Stigma bahwa produk asal China hanyalah produk asal-asalan dan gampang rusak pun akhirnya dipatahkan oleh sepak terjang Xiaomi.
0 Response to "Kenapa HP Xiaomi bisa menjual produknya dengan murah dan masih mendapatkan keuntungan? Apa strategi pasar mereka?"
Post a Comment