Makanan Kaya Vitamin dan Mineral Ada dalam Makanan Sehari-Hari

Makanan Kaya Vitamin dan Mineral Ada dalam Makanan
 Sehari-Hari
 Paksi Suryo Raharjo | May 19 2018, 21:07



Makanan Kaya Vitamin dan Mineral Ada dalam Makanan Sehari-HariKebutuhan vitamin dan mineral dapat mudah ditemukan dalam keseharian.
Go-Dok membuat daftar makanan kaya vitamin dan mineral, simak yuk!


1. Asam Folat


Asam folat mudah ditemukan dalam daging merah. (Foto: Pixabay/RitaE)
Mineral pertama yang penting bagi tubuh adalah asam folat. Sejatinya, makanan yang memiliki kandungan zat ini cukuplah banyak. Asam folat penting bagi formasi dan kinerja sel-sel darah merah kamu, serta bagi pertumbuhan dan penjalanan fungsi sel-sel tubuh lainnya. Bagi ibu hamil, nutrisi dari asam folat sangat penting bagi perkembangan janin di awal kehamilan sekaligus dalam mencegah risiko adanya kelainan otak dan tulang belakang saat kelahiran. Mineral yang satu ini bisa dengan mudah kamu dapatkan dari sayuran hijau, seperti rumput laut dan bayam. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan asam folat dalam kacang-kacangan, kacang polong, biji-bijian, serta produk olahan sapi.


2. Protein


Makanan kaya vitamin dan mineral selanjutnya yang kamu butuhkan adalah yang mengandung protein. Kandungan ini sangat penting bagi seluruh bagian tubuh kamu, mulai dari otak, otot, sel-sel tubuh, organ dalam tubuh. Protein dapat dengan mudah kamu temukan dalam berbagai makanan, seperti telur, susu, keju, kacang edamame, ikan tuna, ikan sardin, ikan salmon, yoghurt, biji bunga matahari, kacang-kacangan, daging ayam, kacang almond, hingga oat. Tak hanya itu, beberapa sayuran pun mengandung protein, seperti jagung kuning, brokoli, kacang hijau, kentang, asparagus, kembang kol, serta alpukat.


3. Kalsium


Mineral selanjutnya yang dibutuhkan tubuh adalah kalsium, dan makanan kaya vitamin dan mineral yang mengandung kalsium pun cukup banyak. Sejatinya, kalsium dibutuhkan tubuh untuk kelancaran pembekuan darah, penguatan tulang dan gigi, dan pergerakan otot-otot tubuh. Jenis makanan yang memilikinya beragam, mulai dari susu sapi, yoghurt, sereal, keju, ikan salmon, ikan sarden, serta susu kedelai. kamu juga bisa mendapatkannya dari biji-bijian, kacang almond, bayam, serta kubis.


4. Zat Besi


Selanjutnya, tubuh kamu akan memerlukan makanan kaya vitamin dan mineral yang mengandung zat besi. Zat ini berperan penting dalam pebentukan enzim di dalam tubuh, serta pembentukan sel-sel darah merah. kamu bisa mendapatkan zat besi dari berbagai makanan, seperti cokelat hitam, kacang-kacangan, kacang polong, daging sapi, kacang kedelai, kerang, daging ayam, daging kalkun. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkannya lewat sayur bayam, brokoli, serta tahu.


5. Lemak Baik


Lemak, meskipun dipercaya merupakan sesuatu yang buruk bagi tubuh, ternyata merupakan salah satu asupan penting yang pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh kamu. Pasalnya, lemak penting untuk asupan energi dan membantu tubuh dalam menyerap banyak vitamin serta nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi. Namun, harus diingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi lemak dapat berbahaya bagi kesehatan dan karenanya kamu harus membatasi diri sendiri dalam hal ini. Nah, lemak bisa kamu dapatkan melalui minyak ikan, daging ikan (salmon, tuna, sardin, kod, dll), kacang-kacangan, alpukat, sosis, daging sapi, daging ayam, produk olahan sapi (keju, yoghurt, mentega dan telur), serta biskuit.


6. Vitamin A, B, D dan E


Makanan kaya vitamin tentunya berperan penting bagi tubuh kamu. Pasalnya, vitamin penting untuk :


  • Kesehatan mata, menguatkan sistem imun, menguatkan sistem reproduksi (Vitamin A)
  • Membantu tubuh dalam memproses karbohidrat dan protein ( Vitamin B1)
  • Membantu jalannya pencernaan dan penyerapan kolesterol dalam tubuh ( Vitamin B3)
  • Membantu metabolisme tubuh dan perkembangan otak pada bayi (Vitamin B6)
  • Menguatkan tulang, otot, dan komunikasi otak ke seluruh bagian tubuh (Vitamin D)
  • Membantu dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan (Vitamin E).


Dimana mendapatkan vitamin-vitamin itu?


  • Vitamin A dalam makanan seperti ubi jalar, bayam, wortel dan sereal.
  • Vitamin B1 dapat kamu temukan dalam roti gandum dan sereal.
  • Vitamin B2 terdapat pada makanan seperti susu sapi, roti dan sereal.
  • Vitamin B3 dan B6 terkandung dalam daging sapi, daging ayam, daging ikan, gandum, kacang kedelai, kentang, dan sereal.
  • Vitamin D bisa kamu peroleh dari minyak hati ikan, lemak ikan, serta produk olahan sapi.
  • Vitamin E bisa kamu dapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan, biji bunga matahari, sereal, dan minyak sayur. 

0 Response to "Makanan Kaya Vitamin dan Mineral Ada dalam Makanan Sehari-Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel