Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum'at


Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum’at


Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum’at – Hari Jum’at merupakan hari yang istimewa bagi umat muslim. Banyak peristiwa penting umat islam yang pernah terjadi pada hari jum’at . Wajar jika hari jum’at menjadi hari raya mingguan bagi umat muslim yang penuh berkah.

Banyak pahala yang bisa diraih pada hari jum’at dengan melakukan beragam amalan sunnah. Tidak hanya kaum pria yang bisa mendapatkan banyak pahala saat hari jum’at tetapi juga kaum wanita.


Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum'at

Keutamaan Hari Jum’at Dalam Pandangan Islam

Ada banyak  hadits yang menjelaskan keutamaan hari jum’at dibandingkan hari lainnya. Salah satunya adalah  hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”

Berdasarkan hadits diatas, disebutkan ada 3 peristiwa penting bagi umat islam yang terjadi di hari jum’at yaitu Masuknya Nabi Adam ke dalam Surga, Keluarnya Nabi Adam dari Surga dan Datangnya hari kiamat. Di hari yang istimewa, tentunya kita tidak boleh melepaskan pahala yang berlimpah walaupun wanita.

Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum’at

1.Membaca Surat Al-Kahfi
Amalan sunnah bagi wanita saat hari jum’at yang pertama adalah membaca Surat Al-Kahfi. Ingat, Surat Al-Kahfi  bukan Surat Yasin . Di Indonesia, ada kebiasaan membaca surat yasin pada malam jum’at dan banyak dijadikan amalan wajib di hari jum’at.


Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum'at (Baca Al-Kahfi)
Padahal sebenarnya tidak ada anjuran khusus membaca Surat Yasin pada hari jum’at dalam hadits maupun Al-Quran. Kita bisa membaca surat yasin kapan saja tidak harus hari jum’at. Yang benar adalah membaca Surat Al-Kahfi pada malam jum’at ataupun hari jum’atnya.
Haditsnya adalah sebagai berikut :
“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat“. (HR. An-Nasa’i dan Al-Baihaqi)

2. Memperbanyak Bacaan Shalawat
Amalan sunnah bagi wanita saat hari jum’at yang kedua adalah memperbanyak bacaan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Amalan sunnah ini juga bisa dilakukan oleh muslimah yang sedang haid karena termasuk dalam salah satu bentuk dzikir. Haditsnya adalah sebagai berikut:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ 
 مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti“. (HR. Al-Baihaqi)


Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum'at (Perbanyak Shalawat)

3. Memperbanyak Do’a di Hari Jum’at
Amalan sunnah bagi wanita saat hari jum’at yang ketiga adalah memperbanyak do’a di hari jum’at. Jika kita mempunyai keinginan ataupun membutuhkan bantuan dari Allah, kita bisa memanfaatkan hari jum’at untuk meningkatkan intensitas berdoa setelah selesai shalat. Allah SWT sudah menjamin terkabulnya doa yang dilakukan pada hari jumat seperti hadits berikut:

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR Bukhari Muslim)


Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum'at (Perbanyak Do'a)

4. Mengerjakan Shalat Dzuhur di Awal Waktu
Amalan sunnah bagi wanita saat hari jum’at yang keempat adalah mengerjakan shalat dzuhur di awal waktu. Sama halnya seperti surah yasin, pemahaman salah kaprah lainnya di Indonesia adalah wanita yang ingin mengerjakan shalat dzuhur harus menunggu kaum pria yang selesai shalat jum’at. Padahal justru sebaliknya, setelah adzan berkumandang, wanita harus langsung shalat dzuhur agar mendapat pahala  shalat di awal waktu.


Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum'at (Shalat Dzuhur Awal Waktu)

5. Memotong Kuku
Amalan sunnah bagi wanita saat hari jum’at yang kelima adalah memotong kuku yang sudah panjang. Syekh Muhammad bin Ismail Al-Muqaddam mengatakan, “Terdapat beberapa riwayat tentang tata cara memotong kuku. Memotong kuku ini bisa dilakukan di hari Kamis, Jumat, atau hari lainnya. Namun, sebenarnya tidak ada dalil yang shahih mengenai hal ini. Tetapi, kebanyakan ulama memotong kuku pada hari jum’at.


Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum'at (Memotong Kuku)
6. Membersihkan Diri
Amalan sunnah bagi wanita saat hari jum’at yang keenam adalah membersihkan diri. Amalan ini tidak hanya bisa dilakukan oleh kaum pria yang hendak berangkat ke masjid untuk shalat jum’at tetapi juga bisa dilakukan kaum wanita. Beberapa contoh yang bisa dilakukan untuk membersihkan diri di hari jum’at  adalah mencuci rambut (keramas), mencukur bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, dll.


Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum'at (Bersihkan Diri)
Semoga, kita termasuk muslimah yang berlomba-lomba meraih banyak pahala pada hari jum’at.
Wallahu A’lam Bish-Shawab

0 Response to "Amalan Sunnah Bagi Wanita Saat Hari Jum'at"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel