JANGAN BERGAUL DENGAN ORANG NARKOBA

JANGAN BERTEMAN DENGAN NARKOBA.


BERITA tentang narkoba rasanya tak pernah sepi dari pembicaraan berbagai media cetak dan elektronik. Pem­beritaan tentang kejahatan narkoba pun begitu beragam bentuknya, dimulai dari penang­kapan pemasok, pengedar, hingga pemakainya.




peredaran gelap narkoba sudah tidak lagi di area perkotaan, melainkan telah masuk ke berbagai pelosok desa. Hal tersebut membuat seolah-olah narkoba begitu mudah ber­gaul dan ‘berteman’ dengan masya­rakat.

Narkoba yang merupakan singkatan dari narkotika, obat-obatan terlarang, dan zat adiktif adalah sesuatu yang peredaran gelapnya dilarang peme­rintah. Pelarangan terhadap peredaran gelap dan pedagangan ilegal narkoba karena bahaya yang ditimbulkannya begitu besar, dapat merusak kesehatan, mental, dan tatanan sosial di masya­rakat. Untuk itu, negara mana pun, termasuk Indonesia, selalu menjadikan kejahatan narkoba sebagai target utama untuk diberantas.

Hasil gambar untuk gambar orang narkoba

Bahaya yang ditimbulkan narkoba sebagaimana dike­tahui, pada umumnya dapat menimbulkan keta­gihan atau kecanduan hingga si pemakai sulit meng­hentikannya. Tim­­bulnya kecanduan atau keter­gantungan itu, membuat para pe­candu akhirnya menga­lami gangguan mental. Di samping itu, efek bu­ruk lainnya yakni da­lam banyak kasus si pengguna mengalami over dosis yang berujung pada kehi­langan nyawa.

Pada 2015 dise­but­kan, jumlah peng­guna narkoba telah mencapai lebih dari 5 juta jiwa. Ini ancaman yang amat serius bagi Indonesia. Besarnya jumlah penyalah guna narkoba tersebut telah menyasar ke berbagai lini social, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Begitu juga dari sisi ekonomi, dari golongan masya­rakat miskin hingga masyarakat kaya.


Peredaran gelap narkoba yang sangat sulit diberantas pemerintah, terlihat dari jenis narkoba yang semakin beragam. Yang paling sering diketahui adalah sabu-sabu, ganja, dan pil koplo. Namun dengan semakin cang­gihnya kemajuan teknologi dan pemikiran me­nyimpang dari si pembuat narkoba, memunculkan jenis-jenis narkoba baru yang berefek kecanduan dan berha­lusinasi.


maka diper­lukan tindakan pencegahan dan penindakan tegas agar tidak sema­kin meluas di masyarakat. Tinda­kan pencegahan dapat dimulai di keluarga, dengan memberi edukasi mengenai bahaya narkoba. Dengan adanya pendidikan tersebut, maka semua anggota keluarga mengerti bahayanya dan menghilangkan keingi­nan untuk meng­gunakannya.

Begitu juga dengan peran pemerintah yang tak hanya menindak tegas penge­dar dan enggunanya, akan tetapi dapat turut mengam­panyekan bahaya narkoba.


 yakni rutin memberi penyu­luhan menge­nai bahaya narkoba terha­dap generasi muda, baik dari SD hingga perguruan tinggi. Selain itu dapat dengan mengi­klankan dampak buruk penya­lah gunaan narkoba, bisa berupa pemasangan baliho atau spanduk di ping­gir jalan, melalui surat kabar, hingga televisi.

Karenanya dengan mengetahui secara jelas bahwa narkoba hanya mendatangkan dampak buruk bagi siapa pun, diharapkan dapat membuat semua orang mengerti untuk tidak berte­man dengan narkoba yang sangat berba­haya, apa pun alasannya.

0 Response to "JANGAN BERGAUL DENGAN ORANG NARKOBA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel