PROGRAMER PERTAMA DI DUNIA

Menurut istilah programmer adalah orang yang pekerjaannya merancang perangkat lunak komputer. istilah programmer komputer dapat merujuk ke spesialis bidang komputer.menjadi seorang programmer juga harus membutuhkan beberapa keterampilan penting yang tentu saja berhubungan dengan teknologi komputer.
jika kita berbicara mengenai teknologi komputer ,mungkin nama yang muncul adalah Steve jobs,Bill gates,Mark zuckerberg,Larry page,dan yang lainnya,atau kita dapat melihat ke jaman sebelum diciptakannya komputer maka muncullah nama-nama penemu komputer salah satunya adalah Charles babbage yang merupakan bapak komputer dunia.kalau Charles babbage dikenal sebagai bapak komputer dunia namun siapakah programmer pertama di dunia??.
ternyata programmer pertama di dunia adalah seorang wanita kelahiran inggris tahun 1815 bernama "Ada lovalace".



Ada lovalce lahir pada bulan desember 1815 dengan nama asli "Augusta Ada Byron" yang sekarang dikenal dengan nama Augusta Ada King,Countess of Lovalace atau Ada lovalace.
karir awal Lovalace dimulai saat ia berusia 17 tahun dimana saat itu ia bertemu dengan Charles babbage yang saat ini dikenal sebagai bapak komputer dunia.babbage juga mengajari Lovalace matematika.
Lovalace kagum dengan mesin ciptaan babbage berma Difference engine yang mampu melaksanakan operasi matematika.babbage sendiri juga kagum dengan bakat menulis lovalace sehingga mereka berdua bekerjasama.
disaat babbage mempersiapkan rencana menciptakan alat bernama "Analytical engine" lovalace memiliki peran penting untuk menerjemahkan artikel Luigi Manebra,seorang matematikawan asal italia.
tidak hanya menerjemahkan tulisan tersebut ke bahasa inggris,ia juga menambahkan ide dan pemikirannya tentang mesin tersebut.hasil tulisannya pada tahun 1843 diterbitkan dalam sebuah jurnal sains inggris.Lovalace menggunakan inisia "A.A.L"(Augusta Ada Lovalace) dalam publikasinya.dalam tulisannya tersebut ia berpendapat mesin Analytical enggine dapat lebih majudari mesin mesin sebelumnya,ia mengklaim,mesin Babbage dapat melakukan perhitungan numerik dan dapat menjelaskan operasinya secara rinci.

ia juga berteori tentang metode untuk msein dapat mengulangi serangkaian instruksi,proses yang dikenal sebagai perulangan yang digunakan program komputer sekarang.
pada tahun 1953, catatannya diperkenalkan kembali kedunia melalui buku berjudul Faster Than Thought;A Symposium In Digital Computing Machines. sejak saat itu ia banyak mendapatkan penghargaan atas karya-karyanya meskipun ia telah meninggal dunia di  tahun 1852.


0 Response to "PROGRAMER PERTAMA DI DUNIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel