Cara mudah menghafal al qur'an


CARA MUDAH MENGHAFAL AL-QUR'AN 
     
      Meski sudah mencoba berkali-kali, ayat-ayat Alquran belum juga tertanam dalam ingatan. Imam Syafi'i saja pernah mengalami kesulitan dalam menghafal Alquran. Padahal, Imam Syafi'i menggunakan berbagai cara menghafal Alquran sejak berusia 7 tahu.

1. Meluruskan Niat Karena Allah swt.
     Niat yang benar itu merupakan salah satu syarat cara menghafal Alquran. Jika niatnya salah seperti ada riya (pamer), ujub (bangga pada diri sendiri), atau menghafal karena ingin dipanggil 'al-hafidz, maka itu sangat fatal akibatnya. 

2. Melaksanakan shalat Hajat
    Tips cara menghafal Alquran dengan mudah selanjutnya adalah melaksanakan sholat hajat. Jadi, setelah menata niat karena mengharap ridho dan pahala Allah, hendaknya kita melaksanakan sholat hajat sebelum mulai menghafal Alquran dengan cepat dan benar.

3. Menanamkan Keyakinan
   Tanamkanlah pada diri kita bahwa menghafal Alquran itu sangat mudah, maka kita akan merasa mudah. Namun jika kita menanamkan pikiran bahwa menghafal Alquran itu sulit, maka ia akan terasa sulit.

4. Menggunakan Dua metode
     Pilih metode menghafal dengan apa yang kamu bisa , yakni:
   a. Metode per halaman
   b. Menghafalkan per ayat

5. Memperbaiki Bacaan
    Menghafal Alquran memang mempunyai keutamaan yang banyak, tapi kalau cara membaca Alquran masih banyak yang keliru, bisa membuat pahala berkurang.

6. Baca Berulang-ulang
   Semakin sering mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan kita. Jadi, jangan sampai karena sudah merasa hafal beberapa halaman, kita tinggal hafalan tersebut tanpa mengulanginya dalam waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.
  
7. Pasang Target Menghafal Al-qur"an
    Terkadang, di tengah menghafal Alquran, kita biasanya mengalami kendala seperti susah masuk atau hafalan yang sudah dihafal lupa lagi. Kalau sudah begitu, semangat kita  biasanya akan berkurang.

0 Response to "Cara mudah menghafal al qur'an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel