10 bahaya begadang untuk kesehatan tubuh

10 Bahaya Begadang untuk Kesehatan Tubuh


  • 10 Bahaya Begadang untuk Kesehatan Tubuh
Selain rentan sakit, hormon seks kamu juga akan menurun.
 Beraktivitas seharian penuh seringkali menyebabkan waktu tidur terganggu. Padahal tidur cukup, olahraga teratur disertai pola makan seimbang sangat dibutuhkan agar tubuh tetap prima.
Kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh atau dikenal sebagai hormon stres. Selain itu, ada beragam masalah lain yang disebabkan oleh kurang tidur. Apa saja?
1. Rentan Sakit
Dilansir dari Boldsky, kurang tidur membuat imun atau daya tahan tubuh sulit bekerja menghalau virus penyebab penyakit. Karena itu orang yang kurang tidur lebih gampang jatuh sakit.
2. Risiko Penyakit Jantung
Sebuah studi membuktikan jika orang yang tidur kurang dari lima jam atau orang yang tidur lebih dari sembilan jam secara terus-menerus meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke
3. Meningkatkan Penyakit Kanker
Jika Anda terlalu sering kurang tidur, risiko terkena kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar sangat tinggi. Para pekerja yang sering bekerja di larut malam pun mengalami risiko terkena kanker yang sama.
4. Ganggu Cara Pikir
Kurang tidur dapat mempengaruhi kinerja otak sehingga sulit berpikir kreatif. Selain itu, orang yang kurang tidur juga sulit memahami suatu masalah.
5. Pelupa
Studi lain membuktikan jika tidur berperan penting dalam mengunci ingatan saat orak dalam proses belajar. Sehingga orang yang kurang tidur akan kekurangan daya untuk mengunci apa yang telah dipelajarinya.

6. Hormon Seks Menurun

Kurang tidur menurunkan gairah seks dalam tubuh. Menurut sebuah studi, kurang tidur dapat menurunkan gairah seks 10-15 persen dan menurunkan kualitas testosteron pada pria.
7. Bobot Tubuh Bertambah
Kurang tidur menyebabkan kalori dalam tubuh bertambah dan meningkatkan resiko obesitas
8. Risiko Diabetes
Orang yang kurang tidur membuat produksi insulin dalam tubuhnya meningkat, sehingga risiko diabetes melambung.
9. Terlihat Tua
Kurang tidur di usia muda akan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia asli. Karena garis-garis halus, kerutan, warna kulit tidak merata, dan kendurnya kelembaban kulit yang muncul.
10. Stress Menjalin Hubungan
Kurang tidur berpengaruh besar terhadap perasaan dan emosi Anda. Orang yang tidur cukup terbukti lebih bahagia dengan pasangannya karena emosinya lebih terkontrol.
Agar terhindar dari semua penyakit di atas, ada baiknya Sahabat Dreammeluangkan waktu selama 8 jam untuk tidur ya!

0 Response to "10 bahaya begadang untuk kesehatan tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel