KESALAHAN-KESALAHAN YANG MENGUBAH SEJARAH DUNIA

Mengubah sejarah dunia membutuhkan sebuah ide,pemikiran,atau hal yang besar. namun,ada beberapa hal kecil yang bahkan tidak sampai terpikirkan atau diperhatiakn namun justru berdampak pada jalannya sejarah dunia,beberapa hal kecil ini bahkan dianggap remeh sehingga di abaikan, dan menyebabkan terjadinya peristiwa penting dunia.
berikut adalah beberapa KESALAHAN-KESALAHAN YANG  MENGUBAH SEJARAH DUNIA.

1.perang dunia II yang berjalan cepat,karna ulang tahun istri Edwin Rommel

Hasil gambar untuk perang normandia 1944

ketika Perang Dunia II hampir seluruh Prancis di bawah kendali Jerman.untuk mempertahankan garis pantai di Normandia utara Prancis dari sekutu,Hitler menunjuk salah satu jendralnya yaitu jendral Edwin Rommel,Rupanya, sang jenderal lebih memilih cuti untuk merayakan ulang tahun istrinya yang jatuh pada tanggal 6 Mei 1944. Ia mengira sekutu tak akan menyerang pada saat itu, ternyata entah sekutu tahu atau hanya keberuntungan, mereka menyerang saat jenderal tersebut cuti pada tanggal 6 Juni. Hasilnya, tentara Jerman tak siap sehingga 9 ribuan tentara Jerman diperkirakan tewas. Saat jenderal Rommel muncul untuk memimpin pasukan dan minta bantuan Tank Panzer, ia tak mendapatkan persetujuan Hitler.hal ini bukan karena Hitler tak setuju namun kabarnya Hitler sedang tertidur dan tak ada yang berani membangunkan.

2.Russia menjual alaska ke AS

Hasil gambar untuk alaska
Dulu alaska sendiri termasuk kedalam wilayah Russia.Rusia yang saat itu masih dalam bentuk monarki memutuskan menjual Alasaka ke AS mengingat jauhnya wilayah itu dari pusat kekuasaan Rusia dan dekat dengan koloni Inggris yakni Kanada, sehingga muncul kekhawatiran Inggris akan mencaplok wilayah tundra yang saat itu tak terlalu menghasilkan apapun bagi perekonomian Rusia. Setelah menjual Alaska hanya dengan harga USD 7,2 juta saja pada tahun 1867, pemerintah AS mendapat keberuntungan ketika 13 tahun kemudian yakni pada tahun 1880an, ternyata wilayah Alaska kaya akan emas dan saat itu hanya kalah dari Nevada.

3.penemuan penisilin

Hasil gambar untuk alexander fleming
Obat antibiotik ini ternyata ditemukan oleh Alexander Fleming karena ia tanpa sengaja melihat jamur yang tumbuh di piringannya dan ia melihat jamur tersebut mampu membunuh bakteri.Jamur tersebut ternyata berasal dari genus penicillium, maka dari itu obat yang ditemukan Fleming diberi nama penicilin (penisilin). Rupanya, lingkungan kerja yang kotor dapat mengilhami penemuan paling penting di dunia.

4.kunci titanic
Hasil gambar untuk titanic


David Blair adalah seorang kelasi kapal dagang yang pada 1912 ditunjuk perusahaan pelayaran White Star Line sebagai perwira kedua Titanic. Ia berpartisipasi dalam uji coba pelayaran kapal paling mewah pada masanya itu.Beberapa hari sebelum pelayaran, Blair digantikan pelaut yang lebih senior, Henry Wilde.Tergesa-gesa pergi, Blair secara tak sengaja membawa kunci loker menara pengawas kapal. Di dalamnya ada teropong, yang jika digunakan, mungkin akan mencegah tragedi Titanic yang menewaskan 1.500 orang.Sejumlah orang menduga, kunci yang hilang itu akan mengubah jalannya sejarah pada hari itu. Namun, tak semua orang yakin.Sebab, jika memang teropong adalah benda yang vital, awak kapal bisa merusak loker tersebut atau mencari teropong lain.
 Apalagi, ada banyak teori tentang akhir nahas Titanic. Meski begitu, banyak orang masih melihat nilai historis kunci tersebut. Benda itu terjual dalam pelelangan tahun 2010 seharga US$ 137 ribu.

5.Mendung di Atas Jepang yang mengubah lokasi pengeboman

Hasil gambar untuk nagasaki 1945
 Pada 9 Agustus 1945, sebuah pesawat bomber B-29 yang dijuluki Bockstar berangkat dari pangkalan North Field di Pulau Tinian.
Pesawat itu membawa salah satu muatan paling mematikan dalam sejarah: bom atom Fat Man.
Sejarah mencatat, bom berkuatan nuklir itu dijatuhkan ke Kota Nagasaki yang memicu kematian massal dan penderitan tak terperi bagi korbannya.
Faktanya, ada sejumlah kota yang awalnya dijadikan sasaran. Salah satunya Kyoto. Namun, kota itu selamat atas desakan Perang Henry Stimson, Menteri Perang yang berbulan madu di sana.
Target lainnya adalah Kokura, di mana sejumlah pabrik amunisi besar berada.
Dalam perjalanan menuju Kokura, Bockscar direncanakan bertemu dengan dua pesawat lain, Great Artiste dan Big Stink.
Namun, pesawat terakhir tak kunjung muncul. Sekitar 50 menit menanti, dua jet tempur lain akhirnya beranjak.
Kala itu, visibilitas atau jarak pandang di atas Kokura memburuk akibat awan tebal alias mendung.
Sejumlah versi resmi mengatakan bahwa cuaca di sana memburuk. Sementara yang lain mengklaim, asap yang menyelimuti Kokura sebenarnya berasal dari pemboman di Yawata, kota di dekatnya, pada hari sebelumnya.
Versi ketiga menyebut, visibilitas dikaburkan dengan uap yang sengaja dibuat untuk menghalangi pesawat bomber Amerika.
Apapun asal-usulnya, awan tersebut mencegah awak yang berada di Bockscar melakukan tugasnya sesuai instruksi.
Dengan bahan bakar yang berkurang drastis, mereka mengarah ke target alternatif: Nagasaki.

itulah sebagian kecil dari banyaknya hal kecil yang mengubah sejarah dunia.
hal-hal tersebut awalnya dianggap kecil namun pada akhirnya dapat mempengaruhi sejarah dan dunia.

0 Response to "KESALAHAN-KESALAHAN YANG MENGUBAH SEJARAH DUNIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel