resep es buah yang manis dan segar

Es Buah yang Manis Segar Mudah Dibuat dengan Resep Ini

Tim detikFood - detikFood
Es Buah yang Manis Segar Mudah Dibuat dengan Resep Ini/Foto: IstimewaEs Buah yang Manis Segar Mudah Dibuat dengan Resep Ini/Foto: Istimewa
Jakarta - Selain es campur, es buah juga jadi favorit karena berisi ragam jenis buah dalam kuah manis. Dijamin ampuh segarkan tenggorokan!

Es buah kerap kali disebut makanan pencuci mulut khas Indonesia. Meski begitu, es buah juga bisa dinikmati langsung, tanpa perlu melahap hidangan utama.

Sebagai negara dengan iklim tropis, aneka buah-buahan tumbuh di Indonesia. Tidak heran jika kreasi es buah di tiap daerah bisa berbeda. Baik dari buah yang digunakan maupun kuahnya. Hampir semua buah dapat digunakan dalam campuran es buah tergantung ketersediaan dan selera.

Anda sudah pasti tahu pentingnya mengonsumsi buah untuk kesehatan. Kandungan vitamin yang banyak terdapat dalam buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan perkembangan pada orang dewasa maupun anak. 
Anak-anak pasti suka dengan sajian es termasuk es buah. Asal perlu diingat saat anak tidak fit, tidak perlu dicampur es.

Jika es buah menjadi makanan penutup asli Indonesia, kira-kira sejak kapan negara ini mengenal es? Seperti diketahui tidak ada musim salju di Indonesia. Ternyata es sudah ditemukan ada di Indonesia sejak abad ke-19. Hal ini terlihat dari catatan pelancong dari Prancis bernama Chailley Bert.

Penemuan tersebut dikuatkan dengan catatan pelancong Prancis selanjutnya bernama Delmas yang mencicipi segelas minuman segar di Batavia. Minuman tersebut dikatakan terbuat dari buah-buahan, es, dan soda pada tahun 1895.

Jika saat ini Anda dapat menikmati es batu langsung dari kulkas di rumah, pada zaman dahulu es didapat dari kapal-kapal Amerika yang membawa berbalok-balok es. Orang Indonesia belum mengetahui cara pemuatan bahan baku minuman segar tersebut.

Beberapa tahun kemudian prinsip dasar pembekuan air dengan larutan garam (brine) untuk mencapai suhu mendekati titik beku. Proses pembuatan menggunakan bantuan amoniak yang didatangkan dari Eropa. Proses ini segera berkembang dan dengan cepat berdiri pabrik-pabrik es di Indonesia.

Saat itu warga keturunan Tionghoa bernama Kwa Wan Hong yang mampu mengembangkan pabrik es di Indonesia. Ia bahkan dikenal sebagai raja es.

Seiring perkembangan zaman, saat ini sudah semakin mudah mendapatkan es batu karena bisa dibuat sendiri di rumah.

Kalau sudah ada es batunya tinggal siapkan buah-buah dan sirup atau racikan gula dan perasa untuk diracik jadi es buah segar. Es buah dengan es yang dibuat sendiri dan buah yang ditanam di negeri sendiri enak rasanya diminum di siang hari yang terik.


Es Buah yang Manis Segar Mudah Dibuat dengan Resep IniFoto: Istimewa

Tips Memilih Buah untuk Es Buah Sirup Spesial

Sudah bukan rahasia jika Indonesia memiliki aneka ragam buah. Tanah yang subur membuat segala jenis buah yang tumbuh. Buah yang dapat digunakan untuk sajian es buah juga beragam. Ada banyak variasi resep es buah yang dapat Anda coba. Bahkan Anda dapat membuat sendiri kreasi es buah berdasarkan selera.

Ada dua tips untuk memilih buah yang dapat Anda kreasikan dalam menu es buah. Pertama memilih buah yang masih segar. Pastikan pula tingkat kematangan buah tidak terlalu matang juga tidak terlalu muda. Karena akan merusak rasa misalnya terlalu masam jika buah terlalu muda atau bahkan pahit.

Tips kedua agar hidangan es buah Anda lebih menarik ada baiknya memilih buah berdasarkan warna. Warna yang semakin beragam dapat membuat tampilan es buah Anda kian menarik. Misalnya memadukan buah naga atau semangka untuk warna merah terang, melon yang berwarna hijau, nanas yang berwarna kuning, potongan anggur merah, strawberry, apel untuk warna putih, dan aneka pilihan buah lainnya.

Selain buah-buahan segar ada beberapa bahan yang seringkali ditambahkan dalam es buah. Ada kolang-kaling dan biji selasih. Kolang-kaling mungkin masih termasuk buah yang harus melewati proses sebelum dikonsumsi. Sedangkan biji buah selasih adalah biji dari kemangi yang juga enak dicampurkan dalam es buah.

Selain buah, bagian terpenting dalam es buah adalah kuahnya. Biasanya adalah campuran sirup gula dan air. Kadang dicampur susu atau perasa buah lainnya. Sirup gula dapat dibeli botolan namun jika ingin berkreasi Anda dapat membuat sirup sendiri dari campuran gula dan perasa vanila atau bahkan sari buah. Membuat sirup sendiri membuat Anda dapat menentukan kekuatan rasa yang Anda inginkan. Misalkan membuat sirup gula sirsak yakni campuran gula dan buah sirsak segar yang dimasak menjadi gula cair.

Resep Es Buah detikFood

Membuat es buah terlihat tidak sulit. Namun Anda harus jeli untuk memadukan buah-buahan. Ada banyak resep buah yang ada tapi Anda bebas berkreasi. Tidak ada patokan khusus untuk resep es buah, saking fleksibelnya resep es buah, Anda dapat mengubah buah yang digunakan sesuai dengan buah yang sedang musim. Ya namanya buah memang tidak selalu ada sepanjang waktu jadi Anda dapat melakukan penyesuian sendiri.



Berikut resep es buah dengan sirup spesial:

Bahan:
300 g daging buah mangga arumanis, potong-potong
2 buah kiwi, kupas, potong-potong
200 g strawberry, bersihkan, potong-potong
200 g nata de coco
es batu, memarkan
Kuah:
500 ml santan encer
75 g gula pasir
1 lembar daun pandan, potong-potong



Cara membuat:

Kuah: Masak santan, gula dan daun pandan hingga mendidih.
Angkat dan dinginkan.
Taruh buah-buahan dan nata de coco dalam gelas-gelas saji.
Tuangi santan dan beri es batu.
Sajikan dingin.

Untuk 6 gelas


(nwy/adr)

Berita Terkait

0 Response to "resep es buah yang manis dan segar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel